Bisnis Indonesia - bisnis.com
Rabu, 02 September 2015

86% Penduduk Sulbar Serap Dana PNPM-Mandiri

Antara Senin, 24/03/2014 09:49 WIB
86% Penduduk Sulbar Serap Dana PNPM-Mandiri

Bisnis.com, MAMUJU - Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) menyampaikan pelaksanaan kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM-Mandiri) telah dinikmati sekitar 86% dari total jumlah penduduk yang ada di Sulawesi Barat.

"Penyelenggaraan PNPM Mandiri bergulir sejak 2007. Hasil kegiatan program ini sebagian besar telah menjagkau wilayah pelosok," kata Kepala BPMD Sulbar Arjudzman Tamaodjoe di Mamuju, Minggu (23/3/2014).

Menurutnya, banyak manfaat yang cukup nyata dierasakan masyarakat semenjak program itu bergulir.

"Pola pemberdayaan partisipatif dalam kegiatan PNPM, banyak menguntungkan masyarakat. Maka tidak heran ekonomi Sulbar mengalami pertumbuhan yang baik," katanya.

Dia mengatakan, modal pelaksanaan pembangunan desa dan pola pemberdayaan masyarakat tentu menjadi semangat dan inspirasi dalam mendorong percepatan pembangunan Sulbar menuju pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs).

Arjuzman juga mengatakan, serapan anggaran pada 2007 angkanya mencapai Rp554 miliar lebih, yang bersumber dari APBN dan APBD.

"Dana itu dimanfaatkan secara maksimal dan itu terlihat dari kegiatan pembangunan jalan 905 km, jembatan sekitar 5.132 meter, MCK sekitar 95 unit, listrik desa sekitar 457 paket, infrastruktur pendukung sekitar 840 unit dengan dana sekitar Rp360 miliar," jelasnya.

Bukan hanya itu, katanya, pelaksanaan PNPM juga melaksanakan pembangunan gedung sekolah 220 unit, pemberian beasiswa bagi 1.365 orang, honor guru sebanyak 90 orang dan kegiatan pelatihan.

Bahkan program pemberian modal usaha juga telah berjalan maksimal untuk memberdayakan wilayah yang menjadi kantong-kantong kemiskinan di Sulbar.

"Banyak program lain yang dilaksanakan dan bahkan tahun ini juga telah dilaksanakan pola pemberdayaan para kaum perempuan di daerah kami," terangnya.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...